Wak Dadang

Minggu, 12 Januari 2020

Cara Menyambungkan Laptop Ke TV Tanpa Kabel

Bisakah kita menyambungkan laptop ke TV tanpa menggunakan bantuan kabel apapun? Bisa, jika Anda mengandalkan Chromecast. Dengan Chromecast, kita bisa menyambungkan laptop ke TV secara wireless.

Chromecast adalah perangkat yang diluncurkan oleh Google untuk memungkinkan Anda dapat menonton video melalui televisi. Cara menyambungkan laptop ke TV tanpa kabel dengan Chromecast ini dinilai yang paling praktis dan modern.

Anda hanya memerlukan laptop dengan sistem operasi Windows atau Mac untuk menjadi remote control pada televisi Anda. Keunggulan lain ketika Anda hendak menayangkan video di televisi melalui Chromecast adalah Anda tidak hanya bisa menggunakan laptop aja, tetapi juga bisa menggunakan smartphone atau tablet berbasis Android dan iOS. Hal ini tentu saja membuat Chromecast mendapat sambutan yang baik bagi semua pengguna gadget.

Kali ini, Carisinyal akan membagikan cara menyambungkan laptop ke TV dengan menggunakan Chromecast, mari simak langkah-langkahnya berikut ini:
* Chromecast dilengkapi dengan kabel ekstensi HDMI pendek, yang nantinya bisa Anda gunakan sesuai dengan lokasi port HDMI pada televisi Anda. Namun, kabel HDMI ini tidak disambungkan ke laptop atau perangkat yang nantinya akan menjadi remote control TV Anda. Hubungkan kabel ini di port HDMI TV, lalu hubungkan ujung lainnya ke port USB yang tersedia di TV Anda.

Nyalakan TV Anda. Jika TV tidak mendeteksi Chromecast yang sudah dipasang, coba pindahkan ke input yang tepat. Gunakan remote control TV Anda untuk memilih input HDMI yang sesuai dengan Chromecast.
Apabila Anda menggunakan perangkat Android atau iOS, cari “Chromecast” di Google Play Store atau App Store, lalu install aplikasi gratis tersebut ke perangkat Anda.

Namun, jika Anda menggunakan laptop Windows atau Mac anda bisa langsung pergi ke halaman browsing dan masuk ke google.com/chromecast/setup.

Setelah berhasil menginstall aplikasi Chromecast, segera buka dan tekan “Set-Up” untuk menghubungkan ke jaringan Wi-Fi Anda.

Pilih negara tempat Anda berada saat ini, lalu pilih Next untuk melanjutkan ke step berikutnya.

Tunggu beberapa saat sampai aplikasi yang ada di perangkat Anda berhasil terhubung ke Chromecast.

Kemudian, verifikasi kode yang sama di TV dan perangkat yang Anda gunakan sebagai remote control. Anda dapat mengubah nama default sesuka hati.

Selain berbentuk kabel, Chromecast juga tersedia dalam bentuk USB. Di Indonesia, Chromecast dalam bentuk USB ini dijual dengan harga Rp 690.000, sementara yang berbentuk kabel dijual dengan harga sekitar Rp 320.000. Anda bisa membeli keduanya melalui Lazada di link ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Menyambungkan Laptop Ke TV Tanpa Kabel

Bisakah kita menyambungkan laptop ke TV tanpa menggunakan bantuan kabel apapun? Bisa, jika Anda mengandalkan Chromecast. Dengan Chromecast...